Home » » Tips Membuat Dak Tahan Bocor

Tips Membuat Dak Tahan Bocor

Pada musim hujan seperti sekarang ini, dak beton yang bermasalah akan memperlihatkan rembesan air pada bagian bawahnya. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat dak beton tersebut.

Tabloid Rumah edisi 256 memberikan 4 tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kebocoran pada dak beton saat membuatnya.

1. Melakukan pengecoran sebaiknya pada saat malam hari.

Jangan lakukan pada siang hari ketika kondisi yang ekstrem. Nah, agar tidak langsung terkena sinar matahari atau terkena hujan sewaktu dak masih basah, berikan terpal pada bagian atapnya. Pelat beton yang mengalami suhu panas-dingin yang ekstrem bisa memicu timbulnya keretakan dan kebocoran.

2. Dianjurkan untuk tidak menggunakan adukan yang dibuat dengan cara konvensional.

Gunakan coran yang dijual dalam bentuk yang sudah jadi, yaitu yang di dalamnya telah mengandung bahan plasticiser (aditif pengurang air yang membuat beton cepat kering). Pengaplikasiannya, dalam satu bidang harus sekali tuang adonan, jangan sampai ada jeda. Perbedaan masa ini akan menjadi ruang terjadi kebocoran di atap.

Rintik Hujan

3. Tutup pori-pori permukaan dengan memberinya lapisan waterproofing.

Waterproofing khusus untuk dak beton merupakan bahan yang paling baik untuk digunakan. Tujuannya adalah agar bangunan terbebas dari masalah kebocoran dan perbaikan atau aplikasi yang berkali-kali. Pemberian waterproofing ini sebaiknya dilakukan pada kondisi cuaca yang tidak panas terik atau hujan. Pengecatan ini memerlukan waktu melekat dan mengering sempurna sekitar 6 hingga 8 jam.

4. Ketebalan coran mempunyai pengaruh terhadap kekuatan atap.

Kesalahan memperhitungkan ketebalan akan membuat atap tidak kuat menahan beban, dalam hal ini beban sendiri atau beban tambahan. Pada keadaan yang masih wajar akan menyebabkan retak-retak. Sementara dalam keadaan yang ekstrem, atap bisa roboh. Dak beton standar mempunyai tebal minimal 15 cm.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Artikel Terbaru

    Entri Populer