Home » » Cara Membersihkan Toren atau Tangki Air

Cara Membersihkan Toren atau Tangki Air

Toren atau tangki air adalah sebuah benda yang berfungsi sebagai penyimpan air untuk kebutuhan sehari-hari. Perawatan wadah air yang satu ini sering kurang mendapat perhatian karena lokasi penempatan yang biasanya jauh dari jangkauan yaitu di luar rumah dan menggunakan menara atau tower.

Toren yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus akan memungkinkan tumbuhnya lumut dan memengaruhi kualitas air. Selain itu, kualitas sumber air yang kurang baik akan memungkinkan terjadinya endapan tanah atau lumpur di dasar toren.

Selain menyewa jasa pembersihan toren, perawatan toren dimungkinkan untuk dikerjakan sendiri. Pembersihan toren dapat dilakukan 3 - 6 bulan sekali. Bila lebih dari itu, air menjadi kotor dan endapan atau kotoran makin menumpuk di dasar tangki. Endapan tersebut berkemungkinan akan masuk ke saluran distribusi air dan menghambat laju aliran sehingga air menjadi kecil.

Perawatan toren terdiri dari 2 bagian yaitu pemeriksaan dan pembersihan toren beserta aksesoris pendukungnya. Aksesoris yang dimaksud adalah valve atau keran, pipa, pompa yang terhubung ke tangki, tutup tangki, fitting inlet dan outlet serta aksesoris pendukung lainnya.

Hal pertama yang dilakukan adalah pemeriksaan secara fisik dari luar, apakah ada retak bocor dan masalah dari fitting-nya. Jika dari luar tangki tidak ditemukan masalah, baru dilanjutkan dengan melihat sisi dalam toren.

Pada sisi dalam toren, biasanya terdapat kotoran-kotoran yang ikut masuk yang mungkin berasal dari saluran pipa, terlebih lagi banyak sumber air untuk tangki adalah air tanah sehingga memungkinkan lumpur, tanah, pasir, ikut naik. Bila kotoran telah banyak, terlihat kuning atau kecokelatan, maka perlu adanya pengurasan.

Berikut ini cara atau langkah-langkah untuk membersihkan toren atau tangki air.

  1. Bersihkan bagian dalam tangki dengan menggunakan kain lap atau spons karena sifat lumut yang hanya menempel. Tidak disarankan menggunakan sikat, baik kawat maupun bulu karena kan melukai dinding bagian dalam tangki.
  2. Bila tak terjangkau oleh tangan, pembersihan dapat menggunakan batang pel yang dilapisi kain atau dapat juga menggunakan alat pel yang mempunyai batang.
  3. Setelah semua bagian dalam dilap dan lumut yang ada dibersihkan, bila keseluruhan bagian dalam tangki dengan air bersih. Agar pembersihan toren dapat lebih optimal, sebaiknya semua pipa dan aksesoris dilepas.
  4. Bila pipa dan fitting tak memungkinkan untuk dilepas, maka sisa cairan bisa dikeluarkan menggunakan pipa siphon (pipa kuras) yang dipasang pada saluran kuras (drain) dibagian dalam toren, dibantu dengan pompa hisap.
  5. Bersihkan pula bagian luar tangki dengan menggunakan lap.

8 komentar:

  1. B-KliN : Pembersih bak mandi, tangki air / toren, kloset masa depan.

    Beda dengan pembersih lain,

    B-KliN Aman : tidak gatal bila terkena kulit, tidak berbau menyengat, tidak merusak nat keramik, tidak merusak lapisan porselen, tidak mencemari lingkungan.

    B-KliN Ampuh : Ampuh membersihkan noda, bahkan untuk noda yang tidak dapat di bersihkan pembersih lain.

    Ganti kebiasaan anda menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan berbahaya,
    Biasakan pakai B-KliN.

    VIdeo aplikasi B-KliN pada toren bisa dilihat di link berikut :

    http://www.youtube.com/watch?v=T7Om74bh79M

    isi : 500ml

    ReplyDelete
  2. Makasih buat tipsnya, saya sudah coba pake bklin,,
    Hasilnya oke banget, toren bersih kayak baru.
    Mau sharring juga nih. Ternyata bklin jg bisa buat bersihin saluran air bersih yg udah lama,, tadinya saluran air saya keluar airnya kecil,, kalo buka keran yg satu, yg lain gak keluar air.
    Sampe2 kalo anak saya lg mandi dan si mbak cuci piring sering terdengar teriakkan. "Mbak matiin dulu kerannya. Lg tanggung keramas". Hehehe
    Setelah saya bersihin pake bklin, air keluar lancar di semua titik keran.
    Puas deh pokoknya.
    Recommended product.

    ReplyDelete
  3. 1 toren butuh berapa banyak bayclin ya? (Kαlo pakai soklin pemutih bisa juga nϑάķ ya?) Mohon infonya...tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BKlin tidak sama dengan Bayclin Pemutih. detail bisa dilihat disini :
      http://bklinsidoarjo.blogspot.com/

      Delete
  4. agar tangki mudah dibersihkan, sebaiknya pilih tangki berlantai kerucut.
    detail dan konsep tangki kerucut dapat dilihat di
    www.nokuras.blogspot.com

    ReplyDelete